-->'/>

Indonesia Surganya Kopi Dunia

Surga Kopi

(Taken by @dayasundari)


"Orang bilang tanah kita tanah surga , tongkat kayu dan batu jadi tanaman"

Anak milenial dan anak kolonial pasti tahu dong dengan potongan lirik di atas ? Yapss kesuburan tanah di Indonesia sudah tersirat dalam lirik lagu tersebut , apa buktinya ? Buktinya adalah "KOPI".


Kalau dilihat dari sejarahnya, biji kopi di bawa oleh VOC pada tahun 1696 . Pertama kali di tanam di Indonesia tepatnya di bagian pesisir Batavia ( namanya kota Jakarta sekarang ) , tetapi hancur oleh banjir.

Kemudian pada tahun 1707 , kongsi dagang tersebut mencoba membudidayakan kopi di daerah pegunungan , salah satunya di daerah karesidenan priangan ( waktu itu mencakup Bandung , Cianjur , Sumedang , Limbangan , dan Sukapura). Tanpa di duga biji kopi yang di hasilkan memiliki kualitas di atas rata-rata . Tidak heran jika pada abad 19 hampir setengah kopi yang ada di dunia , berasal dari Indonesia.

Kok bisa yahh ???

Selain benih kopi yang baik dan unggul , ada faktor tanah yang menentukan , yuk mimin ulas tentang tanah.

Kesuburan tanah di Indonesia berasal dari banyak nya gunung api , tidak tanggung tanggung ada sekitar 129 gunung api yang mengelilingi Indonesia dan menjadikan Indonesia menjadi surga Kopi hal ini di karenakan :

1. Sebagian besar wilayah Indonesia berupa pegunungan dengan udara yang sejuk.

2. Iklim tropis mengakibatkan pelapukan intensif , sehingga menghasilkan kedalaman tanah efektif > 100m.

3. Salah satu kesuburan tanah adalah kandungan mineral , maka material gunung api adalah jawabannya.

4. Kandungan unsur hara N, fosfor , kalium , kalsium ,dan magnesium tinggi untuk tumbuhnya biji kopi sudah di sediakan tanah hasil lapukan dari material gunung berapi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Indonesia Surganya Kopi Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel