-->'/>

Sejarah Roemah Martha Tilaar

 Sejarah Roemah Martha Tilaar menurut penuturan R.Soenarto ketua Legiun Veteran Republik Indonesia di wilayah Kabupaten Kebumen ,nama Liem siauw Lam (Liem solan) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Gombong.

Keluarga Liem di kenal sebagai keluarga Cina kaya di wilayah kota Gombong pada masa itu. Sebagai seorang interpreuner , Liem solan (nama panggilan Liem Siauw Lam) mempunyai bisnis yang beragam. Luas tanah yang lumayan luas,yang dia gunakan sebagai tempat mengusahakan peternakan sapi yang menyediakan susu dan daging untuk tangsi Belanda Van der wijck di gombong.

Pada masa kolonial ,kota kecil Gombong merupakan pusat pelatihan tentara KNIL , dimana juga mantan presiden - 2 yaitu Soeharto sebagai calon sersan KNIL di didik ketika beliau masih sebagai anggota KNIL dan mendapat pendidikan di sekolah kadet Gombong. Keluarga Solan mempunyai rumah dengan model rumah eropa dan memiliki mobil FORD model "T" yang tersohor itu.

Dia juga seorang pedagang kopra ,yang mengumpulkan kopra dari penduduk ,demikian pula dengan sarang burung walet yang tersohor di daerah tersebut. Dia juga terkenal di daerah pecinan , jalan Sempor Gombong itu sebagai Tionghoa kaya yang baik hati dan sangat mempunyai jiwa sosial yang tinggi , bahkan merelakan rumahnya sebagai pusat palang merah di masa perjuangan. 

Dia mempunyai hubungan yang baik dengan para petani kopra maupun palawija yang ada di daerah gombong maupun Kebumen. Istrinya seorang enterpreuner yang juga menyediakan peralatan - peralatan membatik ,sehingga sangat membantu para perempuan pembatik di daerah Gombong pada masa itu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Roemah Martha Tilaar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel