-->'/>

Tugu Walet di Kota kebumen

Tugu lawet atau tugu walet adalah sebuah tugu atau monumen yang berada di kabupaten Kebumen, provinsi Jawa tengah.

 Keberadaan tugu ini berkaitan erat dengan potensi yang dimiliki kabupaten Kebumen, yaitu penghasil sarang burung Lawet/walet. Dalam bahasa masyarakat setempat (kab.Kebumen) menyebutnya dengan nama burung lawet dan dalam bahasa Indonesia disebut dengan burung Walet, sejenis burung laut dari keluarga Apodidae(nama latin) yang sarangnya selalu di buru dan harganya sangat mahal.

Sarang burung Walet mengandung Glikoprotein yang sanggup meregenerasi Kolagen. Kolagen yaitu salah satu protein dalam tubuh manusia yang dapat membuat kulit halus dan cerah.

Tugu walet dibangun pada tahun 1975, dengan tinggi 15 meter oleh arsitek Tan Giok Twan (Teguh twan) dan Suko. Tugu lawet berada di simpang empat pusat kota kebumen sehingga akan dapat di jumpai dengan mudah. Tugu walet di buat untuk menggambarkan aktivitas serta perjuangan para pengunduh sarang burung walet di goa-goa pada tebing tebing karang pesisir selatan kabupaten Kebumen yang penuh tantangan serta resiko. Goa-goa yang di maksud tersebut merupakan goa-goa yang ada di pesisir selatan kecamatan Ayah dan kecamatan Buayan, goa-goa tersebut di kenal dihuni oleh burung walet.
Bentuk tugu lawet yang tidak beraturan menggambarkan kontur karang pada pesisir selatan Kebumen yang terjal. Terdapat pula lima patung manusia yang menggambarkan para pengunduh serta dua ekor patung burung Walet raksasa di puncak tugu. Lima patung manusia yang hanya mengenakan celana pendek adalah untuk menggambarkan kesederhanaan para pengunduh jaman dahulu.

Dahulu tugu /monumen walet menjadi simbol kemakmuran masyarakat Kabupaten Kebumen dari bisnis sarang burung walet ,dan karena itu lah menjadi tugu kebanggaan. Kini Tugu Lawet menjadi tugu nostalgia,dan tugu pengingat bahwa ekploitasi anugrah alam yang tak terkendali cepat ataupun lambat akan berujung pada penyesalan dan pewarisan kerusakan pada keturunan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tugu Walet di Kota kebumen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel