-->'/>

Hutan Cemara wanagama III , hutan edu-wisata dekat pantai petanahan

 

Hutan cemara wanagama III , merupakan sebuah obyek edu - wisata yang berdekatan dengan obyek wisata pantai petanahan, atau lebih tepatnya di desa karanggadung .


Hutan cemara wanagama III merupakan hutan cemara udang seluas 600 hektar. Hutan cemara wanagama III di resmikan pada tahun 2010 silam ,oleh menteri kehutanan pada saat itu yakni Zulkifli Hasan, SE , M.M. peresmian hutan wanagama III yang di prakarsai oleh fakultas kehutanan UGM Yogyakarta ini salah satu tujuanya adalah untuk mendorong inisiatif rehabilitasi pantai - pantai di kabupaten -kabupaten di pesisir pulau jawa, kususnya yang memiliki ekosistem sejenis (seperti gumuk pasir).



Hutan cemara wanagama III yang juga merupakan tempat penelitian awalnya dirintis dari sekala labolatorium sebelum tahun 2007 lalu oleh UGM Yogyakarta. Cemara udang menjadi salah satu vegetasi yang di tanam di kawasan tersebut setelah melihat kemampuanya laju tsunami seperti yang terjadi di pesisir pantai cilacap.


Hutan cemara Wanagama III diharapkan tidak akan hanya menjadi hutan pendidikan (teaching forest) namun juga research forest (hutan penelitian).


Hadirnya hutan Wanagama III yang juga telah menjadi lokasi KKN PPM mahasiswa UGM kedepan selain untuk perbaikan dan konservasi lahan , sekaligus mampu untuk memberdayakan masyarakat setempat. Kini hutan Wanagama III menjadi daya tarik pantai petanahan karena lokasinya yang rindang dan sejuk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hutan Cemara wanagama III , hutan edu-wisata dekat pantai petanahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel