-->'/>

Sejarah Gua Jatijajar


 Gua Jatijajar ini di temukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama jayamenawi ,yang memiki lahan pertanian di atas gua tersebut. Pada suatu hari, ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian beliau jatuh ke sebuah lubang , yang ternyata lubang tersebut adalah salah satu lubang ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut.


Lubang ventilasi tersebut memiliki garis tengah 4meter dan tinggi dari tanah nya 24 meter. Setelah Jayamenawi menemukan gua , tak lama kemudian Bupati Ambal salah satu penguasa di Kebumen pada masa itu , meninjau lokasi gua tersebut. Pada saat beliau mendatangi gua tersebut ,beliau menjumpai dua pohon jati yang tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi mulut. Dari kisah itu lah asal - muasal penamaan gua Jatijajar.


Pada mulanya pintu -pintu masuk goa Jatijajar tersebut masih tertutup oleh tanah. Maka setelah tanah yang menutupi mulut gua tersebut di bongkar dan di buang ,di temukanlah pintu/mulut gua yang sampai sekarang  menjadi pintu masuk Gua Jatijajar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Gua Jatijajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel