-->'/>

Biji Jenitri dan manfaatnya

Jenitri

Apa itu Jenitri ?

Buah Jenitri di sebut juga dengan nama Rudraksha, dan menurut wikipedia buah jenitri (Elaeocarpus Ganitrus) adalah pohon yang termasuk suku Elaeocarpaceae. Buahnya berwarna biru ungu dengan biji yang cukup besar dan biasa di gunakan sebagai manik-manik penyusun perhiasan. Kayu pohon jenitri juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kegunaan buah Jenitri

Jenitri kegunaan nya apa saja sih ? Saat ini jenitri mulai di ketahui kegunaan buah jenitri adalah sebagai alat kesehatan dan sebagai perhiasan / aksesoris. Banyak selebritis ,pejabat,Indonesia dan bahkan publik figur top dunia yang sudah mengenakan gelang dan kalung yang terbuat dari Jenitri.

Berapa harga biji Jenitri termahal ?

Harga biji Jenitri termahal di Indonesia yang pernah penulis penulis ketahui saat ini adalah seharga Rp.92.000.000 untuk sebutir Biji Jenitri yang mempunyai mukhi 21 atau mempunyai garis sebanyak 21 garis (mukhi). Di negara India satu butir biji Jenitri simetris bergaris 21 harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Jenis jenis Jenitri

Jenis Jenitri biasanya disebut berdasarkan daerah asal nya ,orang yang menyilangkan bibit pohon Jenitri pertama kali sehingga menjadi varian/jenis jenitri baru dan berdasarkan bentuk Jenitrinya. Nama jenis Jenitri berdasar asal daerah nya antara lain : Jenitri Kalipuru,jenitri Medana,jenitri Sulawesi,jenitri Papua , jenitri Sumatra , jenitri blitar, jenitri bali, jenitri Kediri,jenitri Cilacap, jenitri Lampung ,jenitri Wonosobo, jenitri Magelang, jenitri Banjarnegara ,jenitri Kalimantan, jenitri Bogor dan lain sebagainya.

Cara membedakan Jenitri asli dan Jenitri palsu

Jika Biji Jenitri asli bila di bakar tidak akan meleleh seperti plastik di bakar,kemudian berbau seperti kayu dibakar, dan akan membara jika dibakar. Jenitri palsu banyak yang terbuat dari bahan plastik sehingga akan meleleh jika biji jenitri palsu di bakar. Biji jenitri palsu tidak mempunyai pori pori pada permukaan biji nya ,sedangkan biji jenitri yang asli berpori-pori . Saat biji jenitri asli di rendam dalam air ,biji jenitri asli akan menyerap air. Menyebabkan nya berubah warna,pada kondisi kering dan basah biji jenitri asli akan berbeda warna. Biji Jenitri asli cenderung berwarna lebih gelap saat biji Jenitri basah, Namun jika Biji Jenitri palsu mempunyai warna yang sama baik dalam keadaan kering ataupun basah.

(Buah jenitri ketika sudah siap panen)

(Aneka bentuk biji jenitri)

(Contoh produk gelang dari biji jenitri)
(Contoh tasbih dari biji jenitri)

(Contoh gelang dari biji jenitri)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biji Jenitri dan manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel