-->'/>

Karangsambung dan sejarah nya


 Karangsambung adalah salah satu kecamatan di kabupaten Kebumen yang memiliki tekstur perbukitan dengan karang  yang menyambung. Berdasarkan sejarah ,tepat di daerah karangsambung pada jutaan tahun yang lalu terjadi sebuah fenomena alam yang luar biasa. 


Fenomena geologi berupa subduksi yang mengakibatkan bebatuan di dasar laut berbenturan . Benturan tersebut tidak seketika melainkan melalui proses yang sangat lama . Dan karena benturan itu maka naiklah dasar laut relatif terhadap muka air laut sehingga menjadi sebuah daratan (daratan itulah yang kini menjadi sebuah kecamatan karangsambung).

Melihat kembali fenomena itu dan kita hubungkan dengan nama karangsambung , maka bisa disimpulkan bahwa siapapun yang memberi nama tempat itu dengan nama karangsambung bisa dipastikan beliau nengenal betul ilmu geologi. Dan mengetahui secara pasti peristiwa yang terjqdi jutaan tahun lalu . Dengan kata lain siapapun yang memberi nama tempat tersebut dengan nama karangsambung ,dia adalah ahli geologi kuno.

Hal tersebut bisa di perkuat dengan arti dari nama kebumen. Nama kebumen berasal dari kata kabumian , kata kabumian berasal dari kata bumi. Para ahli geologi indonesia lantas mengaitkan sejarah kebumen dan juga sejarah karangsambung. Lalu mereka mengambil kesimpulan bahwa bisa jadi nenek moyang kebumen adalah para ahli geologi. 

 Dan nama kabumian bisa jadi berarti ilmu bumi . Kesimpulan mereka tidaklah tanpa alasan. Para ahli geologi di era modern sendiri baru mengamini peristiwa yang menjadi sejarah karangsambung beberapa puluh tahun belakangan ini, tetapi nenek moyang karangsambung bisa mengetahui kalau daerah tersebut terjadi karena karang didasar laut yang berbenturan dan terangkat menjadi permukaan ( karang menyambung).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Karangsambung dan sejarah nya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel