-->'/>

Pantai Brecong Kebumen


 Pantai Brecong terletak di desa Brecong, kecamatan Buluspesantren,kabupaten Kebumen. Pantai Brecong terletak kurang lebih 10 km dari ke arah selatan dari pusat kota Kebumen. Dari pusat kecamatan Buluspesantren jaraknya sekitar 4km ke arah timur,kemudian belok ke arah selatan. 

Di kawasan pantai tersebut, para pengunjung tidak hanya di suguhi panorama pantai semata, karena di kawasan obyek wisata tersebut terdapat pula sebuah benda cagar budaya petilasan Joko Sangkrip ,yang jaraknya sekitar 200 meter dari bibir pantai Brecong.

Legenda Joko Sangkrip merupakan salah satu potongan kisah dari sejarah kabupaten kebumen. Beliaulah yang kelak di kemudian hari akan nyekel panguwoso (menjabat) bupati Kebumen pertama berjuluk Adipati Aroeng Binang I.

Tidak jauh dari petilasan tersebut ,terdapat pendopo sang bupati. Meski kini hanya tersisa puing puing ,masyarakat desa setempat masih sangat menghormatinya. Tak sampai selemparan batu dari tempat tersebut, sebuah bangunan bekas rumah , konon rumah peninggalan warga negara belanda berada di tempat itu.

Pantai brecong merupakan obyek wisata yang terlupakan , pada era 1980-1990 pantai brecong merupakan jujugan utama (destinasi utama) para wisatawan yang ingin menikmati panorama pantai di kecamatan Buluspesantren. Sayang sekali semenjak kawasan urut sewu menjadi pangkalan TNI pada tahun 1980-an , para pengunjung kini lebih memilih Pantai Bocor. Kawasan urut sewu kini memang dikenal sebagai tempat latihan militer TNI (Tentara Nasional Indonesia).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantai Brecong Kebumen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel