-->'/>

Profil singkat letnal jendral TNI M. Sarbini




 Letnal jendral TNI (purn.) M. Sarbini (lahir di Kebumen, 29 mei 1914 - meninggal di jakarta 21 agustus 1977 pada umur 63 tahun) adalah seorang jendral purnawirawan yang di lahirkan di kota karanganyar ,kebumen ,jawa tengah dan banyak mengabdi selama masa perjuangan baik di bidang militer maupun pemerintahan republik Indonesia.


Dalam masa perjuangan terutama pada tanggal 20 oktober tahun 1945 , beliau yang pada waktu itu berpangkat letkol , memimpin pasukan tentara keamanan rakyat resimen kedu tengah dan menyerang , serta mengepung tentara sekutu dan NICA di desa jambu ,Ambarawa yang kemudian di kenal sebagai peristiwa  palagan ambarawa .


Selama masa pemerintahan presiden Ir. Soekarno Mayor jendral TNI M.Sarbini menjabat sebagai menteri pertahanan dalam kabinet dwikora II pada tahun 1966 yang kemudian di gantikan oleh letnan jendral soeharto.


Pada masa hidupnya Letnal Jendral M. Sarbini banyak dikenal sebagai bapak veteran indonesia dan di abadikan namanya sebagai nama gedung veteran atau balai sarbini yang berada di kawasan semanggi ,jakarta pusat . Untuk mengenang jasa-jasa nya  di kebumen , di tempat kelahiranya juga didirikan sekolah SMK jendral M. Sarbini .


Sumber : wikipedia indonesia 


Sampaikan pendapat atau informasi yang anda ketahui profil beliau atau tentang peristiwa tersebut dengan menuliskanya di komentar !!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Profil singkat letnal jendral TNI M. Sarbini "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel