-->'/>

Sendang Pelus di Buayan


 

Sendang Pelus berada di dusun Kebon , desa Rogodadi , kecamatan Buayan, kabupaten Kebumen, jawa tengah. Sendang Pelus dahulu merupakan sumber mata air alami yang sangat jernih ,dengan ekosistem alam yang masih terjaga.

Mata air yang keluar dari celah batu gamping di bawah perbukitan membentuk sebuah sendang , yang memiliki garis tengah 5 meter. Limpahan air di salurkan melalui parit ,yang di bagian hilirnya di pakai oleh masyarakat setempat untuk keperluan memasak,mandi dan mencuci.

Dahulu di sendang pelus dapat di jumpai ikan ikan yang sudah berpuluhan tahun mendiami sendang. Salah satu yang paling menarik adalah 7 ikan yang berbentuk seperti belut berukuran sebesar kaki orang dewasa. Warga menyebutnya ikan pelus atau ikan Sidat sehingga tempat tersebut di namai sendang Pelus .
Pada hari hari tertentu banyak orang entah dari mana asalnya menaruh sesaji/sesajen di pinggir sendang tersebut dan memohon supaya harapan dan keinginanya terkabul. Upacara ritual tersebut di akhiri dengan memberi makan Pelus , yaitu berupa nasi dan telur goreng. Pemberian makanan tersebut dilakukan melalui juru kunci penjaga sendang ,yang dijabat secara turun temurun . Setiap setahun sekali sendang di bersihkan , didahului dengan upacara yang digelar secara adat dan tradisi setempat . Namun sayangnya kini ikan tersebut sudah jarang di jumpai.
(Pintu masuk sendang pelus)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sendang Pelus di Buayan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel