-->'/>

Museum Tosan Aji di Purworejo

Museum Tosan Aji adalah bangunan yang didirikan  atas prakarsa menteri dalam negeri Soeparjo Rustam dan di resmikan pada 13 april tahun 1987 oleh gubernur jawa tengah yaitu Ismail.
(Halaman depan museum Tosan Aji)

 Museum ini terletak di jalan setiabudi no. 1 kabupaten purworejo, jawa tengah, namun di pindahkan ke gedung  pengadilan negeri kabupaten Purworejo , Yang terletak di jalan mayjend Sutoyo no. 10 Purworejo ,Jawa Tengah pada tahun 2001.

Tujuan museum ini di bangun adalah untuk menjaga dan melestarikan berbagai koleksi Tosan Aji ,yang merupakan salah satu bentuk hasil budaya bangsa pada masa lampau ,sekaligus menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang.

(Beberapa koleksi museum Tosan Aji purworejo)

Koleksi museum Tosan Aji berasal dari masa kerajaan Majapahit yaitu antara lain adalah keris ,pedang,cundrik tombak dan masih banyak koleksi barang peninggalan sejarah lainya di Museum Tosan Aji Purworejo.

Selain itu juga terdapat benda cagar budaya dari masa pra sejarah maupun masa klasik berupa : patung , prasasti,yoni,lingga ,lumpang ,batu Pipisan , guci ,batu gong ,menhir ,dan lain lain.

Museum ini juga menyimpan kuno milik kyai Cokronagoro yang merupakan hadiah dari Sri Susuhunan Pakubuwono VI (6) kepada bupati Purworejo I , yaitu Cokronagoro I.

Pada awal di resmikan tanggal 13 april tahun 1987, museum Tosan Aji berlokasi di pendopo kawedanan Kutoarjo. Kemudian sebagai upaya mewujudkan lokasi terpadu , beberapa bangunan bersejarah , museum ini di pindahkan ke Purworejo yaitu pada tanggal 10 juni tahun 2001 menempati bangunan bekas pengadilan pada masa belanda , berdampingan langsung dengan Masjid Agung Darul Muttaqin Di sebelah barat alun-alun , sementara itu museum Tosan Aji berada di sebelah selatan alun -alun.

Berikut beberapa foto-foto koleksi museum Tosan Aji di Purworejo :

(Koleksi keris di museum Tosan Aji)
(Koleksi barang bersejarah)
(Koleksi keris dan pedang)
(Koleksi keris dan hiasan wayang kulit)
(Gamelan kuno milik Kyai Cokronagoro)
(Koleksi tombak)
(Koleksi patung dan barang bersejarah lainya)
(Koleksi patung dan prasasti)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Museum Tosan Aji di Purworejo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel