-->'/>

Curug Plumbon / air terjun kalicurug

 Air terjun kalicurug atau curug Plumbon adalah sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 15 meter yang terletak di Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung.

Air terjun kalicurug mempunyai daya tarik tersendiri , selain karena lingkungannya yang masih sangat alami , formasi air terjun yang bertingkat-tingkat juga menjadi keunikan dari air terjun kalicurug. Meski tidak terlalu tinggi curug plumbon memiliki formasi air terjun yang sangat indah dan suasana alami yang sangat memanjakan mata. Air yang jernih dan segar tersebut mengucur deras di atas batuan sedimen formasi penosogan yang tampak bertumpuk-tumpuk. Air terjun kalicurug berada di aliran sungai Grigak ,yang berhulu di desa Rowobayem ,desa Wadasmalang atau di kaki bukit Limar(457m/dpl).

Di antara jeda undakan air terjun terbentuk sebuah kolam dengan warna kehijauan yang luas dan dalam sehingga bisa di gunakan untuk berenang. Suasana alami masih sangat terasa di lokasi air terjun kalicurug. Kebun-kebun warga mengapit air terjun ini dengan pohon -pohon yang tinggi dan rindang, udara segar khas wilayah pegunungan sangat terasa sejuk dan segar. Air terjun kalicurug sering di gunakan oleh anak-anak setempat untuk menghabiskan waktu bermain mereka di sore hari.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi air terjun kalicurug adalah saat musim penghujan hingga awal musim kemarau tiba. Jangan coba datang mengunjungi di saat musim kemarau karena air terjun ini akan kering.

Lokasi air terjun kalicurug tepat nya di dusun Grigak,Desa Plumbon ,kecamatan Karangsambung,kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya berjarak sekitar 400 meter dari jalan raya Plumbon yang menghubungkan antara desa krakal dengan desa Wadasmalang. Dari jalan raya tersebut aliran sungai sudah terlihat ,kemudian ikuti aliran sungai tersebut beberapa saat menuju arah hulu hingga bertemu air terjun. Tenang saja perjalanan menuju lokasi air terjun tidak akan membosankan karena akan melewati perkebunan dan sawah milik warga setempat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Curug Plumbon / air terjun kalicurug"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel