-->'/>

Batu batuan yang ada di Gua Jatijajar


 Di dalam Gua jati jajar banyak terdapat stalagmit Dan juga pilar atau tiang kapur ,yaitu pertemuan antara stalagtit dan jugastalagmit. Kesemuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah bereaksi dengan batu batu kapur yang di tembusnya. Menurut penelitian para ahli , untuk pembentukan stalagtit itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam 1 tahun terbentuknya stalagtit paling tebal hanya 1 cm saja. Oleh sebab itu para ahli menyimpulkan bahwa gua Jatijajar adalah gua kapur yang sudah sangat tua sekali.


Batu batuan yang ada di gua Jatijajar merupakan batuan batuan yang sangat tua sekali. Karena umurnya yang di perkirakan sangat tua sekali itu maka di muka gua Jatujajar di bangun patung binatang purba yaitu patung Dinosaurus sebagai simbol dari obyek wisata Gua Jatijajar, dari mulut patung dinosaurus itu mengeluarkan air dari sendang kantil dan sendang mawar yang sepanjang tahun tidak pernah kering. Sedangkan air yang keluar dari mulut patung dinosaurus tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai pengairan/irigasi sawah desa jatijajar dan sekitarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Batu batuan yang ada di Gua Jatijajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel