-->'/>

Telaga Tanduk /Tando Pakuran

Telaga Tanduk atau fasih di ucapkan dengan telaga tando merupakan telaga yang berlokasi di dusun Jebrang,desa Pakuran.

Tepatnya berada pada lekuk hamparan karst (gamping atau batuan kapur) di wilayah kawasan Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) bagian timur. Telaga tando berjarak 3 km dari jalan vital jl. Raya karangbolong . Telaga tando terbentuk di lembah tando yang di kelilingi oleh perbukitan. Luas dari telaga tando sekitar 3 Ha dan berada pada ketinggian rata-rata 203 meter di atas permukaan laut. 

Telaga tando berada di geomorfologi karst yang relatif masih alami dan di kelilingi bukit -bukit juga di pinggiran dusun. Sumber air dari Telaga Tando berasal dari air hujan yang terperangkap di lembah Tando,kemudian terjadilah proses geologi karst sedemikian rupa hingga terciptalah telaga tando.

(Sumber foto ig @kebumenmemotret dan @muktigalihfs)

Selain itu juga mendapat air limpahan air sungai yang mengalir dari goa taduk dan goa banteng , ya telaga tando tak jauh dari sejumlah goa ,diantaranya goa banteng,goa curug , goa beiji,goa landak, goa semar,goa gelatik dan goa lainya. Hal tersebut di kuatkan oleh ikatan mahasiswa pecinta alam universitas brawijaya (IMPALA UB) kota malang,jawa timur melakukan ekpedisi di desa ini pada tahun 2013 lalu.

Di ketahui terdapat 30 lokasi goa ,dua lokasi ponor atau lubang masuknya aliran air kedalam tanah pada daerah kapur atau karst ,tiga lokasi mata air dan sebuah lokasi Telaga yakni Telaga Tando/Tanduk. Pada musim penghujan Telaga tando akan di penuhi air yang berwarna hijau, sehingga waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah saat musim penghujan datang.

Telaga tando dan lokasi goa goa di sekitarnya sampai sekarang belum di manfaatkan sebagai tempat wisata. Telaga tando masih digunakan media pertanian,perikanan, irigasi dan lokasi pemancingan bagi warga desa pakuran dan sekitarnya.  Suasana di lokasi telaga tando masih sangat asri dengan pepohonan hijau serta bukit bukit yang menjulang tinggi menambah daya tarik tersendiri untuk selalu mengunjunginya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Telaga Tanduk /Tando Pakuran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel