-->'/>

Benteng pendem cilacap

Benteng pendem cilacap atau (dalam bahasa Belanda : Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), adalah benteng peningggalan Belanda di pesisir pantai teluk penyu di kabupaten Cilacap,jawa tengah yang di bangun pada tahun 1861.

Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang di bangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun , dari tahun 1861 hingga tahun1879.

Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian di temukan dan mulai di gali oleh pemerintah daerah kabupaten Cilacap pada tahun 1986. Saat ini pemerintah Kabupaten Cilacap menjadikan benteng pendem ini sebagai tempat wisata sejarah.

Bangunan bentem Pendem terdiri dari beberapa ruangan yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Namun sejak awal ditemukan ,ruangan dalam benteng belum sepenuhnya di ketahui.

Ruangan dalam benteng pendem Cilacap yang umum di ketahui terdiri dari Barak ,benteng pertahanan , benteng pengintai, ruang rapat , klinik pengobatan,gudang senjata ,gudang mesiu ,ruang penjara,dapur,ruang perwira,dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa di dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Namun hingga saat ini hal itu belum sepenuhnya terbukti.


(Rusa, bisa kalian jumpai di wisata bersejarah benteng pendem Cilacap)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Benteng pendem cilacap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel