-->'/>

Curug Jenggala Baturaden

Lokasi curug Jenggala berdekatan dengan taman wisata Baturaden sehingga mudah untuk menemukanya. Dari kota Purwokerto menuju ke taman Baturaden , ketika sudah memasuki kawasan Taman Wisata Baturaden ,kemudian mengikuti jalan menuju curug/air terjun Bayang. Setelah itu anda akan menemukan jalan sempit dan menanjak di dekat homestay lalu ikuti jalan jalan tersebut. Di lokasi terdapat tanda /papan petunjuk yang memberikan informasi untuk menuju lokasi curug Jenggala. Jika sudah berada di tempat parkir ,pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter ,dan pengunjung akan langsung menemukan curug Jenggala.
Curug Jenggala adalah air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah. Curug ini memiliki 3 air terjun yang tingginya sejajar dan air terjun yang posisinya di tengah memiliki arus paling deras.
Obyek wisata ini menampilkan keindahan alam yang masih asri, keindahan air terjun yang mempesona dan menenangkan. Di bawah air terjun terdapat sungai dan bebatuan yang besar. Lokasi tepatnya berada di dusun Kalipagu, Ketenger, Baturaden, kabupaten Banyumas  ,jawa tengah. Obyek wisata ini berada di kaki gunung Slamet yang membuat obyek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu ,obyek wisata ini menyediakan spot Love yang terbuat dari kayu ,sehingga menarik pengunjung untuk berfoto. 
Tiket masuk ke tempat wisata Curug Jenggala cukup terjangkau, pengunjung cukup merogoh kocek Rp.5000 dan biaya parkir untuk motor Rp.3.000 , untuk tiket parkir mobil hanya Rp.5.000. Tempat wisata curug Jenggala di buka pada pukul 08.00 wib dan di tutup pada pukul 18.00 wib. 
Awal mulanya obyek wisata ini bernama curug Tempuan, karena curug ini merupakan pertemuan dari beberapa sungai yang bergabung menjadi satu. Karena tragedi ini warga setempat mengadakan musyawarah bersama para petinggi dan tokoh desa setempat, musyawarah ini membahas tentang perubahan nama curug tersebut. Sehingga curug Tempuan berubah nama menjadi Curug Jenggala sesuai musyawarah. Nama ini di dapat dari rujukan dari juru kunci hutang yaitu bapak jenggala , Jenggala sendiri berarti ksatria Piningit atau ksatria utama menurut warga setempat. Curug jenggala berada di antara dua bukit , jika digabungkan dari masing masing nama nya memiliki arti yakni air surga. Sungai pada curug ini merupakan pertemuan antara sungai Banjaran dan sungai mertelu yang bersatu,dan di tengah-tengah nya terdapat situs yang bernama "Batur Semendeh". 
(Panorama tempat wisata Curug Jenggala)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Curug Jenggala Baturaden"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel